Postingan

SERVICE LEVEL AGREEMENT (SLA) & OPERATIONAL LEVEL AGREEMENT (OLA)

Gambar
SERVICE LEVEL AGREEMENT Service Level Agreement (SLA) adalah adalah kontrak antara penyedia layanan dan pelanggan internal atau eksternal yang mendokumentasikan layanan apa yang akan diberikan penyedia layanan dan menentukan standar kinerja yang wajib dipenuhi oleh penyedia layanan.  SLA menetapkan harapan pelanggan berkenaan dengan kinerja dan kualitas penyedia layanan dengan beberapa cara. Service Level Agreement juga dibedakan dalam beberapa tingkat, yaitu : »        Customer-based SLA (SLA Berbasis Pelanggan) Kesepakatan dengan kelompok pelanggan individual, yang mencakup semua layanan yang mereka gunakan. Misalnya, SLA antara pemasok (IT service provider) dan departemen keuangan dari sebuah organisasi besar untuk layanan seperti sistem keuangan, sistem penggajian, sistem penagihan, sistem pengadaan / pembelian, dll. »        Service-based SLA (SLA Berbasis Layanan) Kesepakatan untuk semua pelangg...

PEMBAHASAN & PERBANDINGAN FRAMEWORK DARI MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Gambar
Sebelum membahas dan membandingkan framework dari manajemen layanan system informasi, saya akan menjelaskan apa itu framework. Framework diartikan sebagai kumpulan script (terutama class dan function) yang dapat membantu developer/programmer dalam menangani berbagai masalah-masalah dalam pemrograman sehingga developer lebih fokus dan lebih cepat membangun aplikasi. Contoh : koneksi ke database, pemanggilan variabel, file, dll. Dalam manajemen sistem informasi juga terdapat macam-macam f r amework, yaitu : ITIL, COBIT, Software Maintenance Maturity Model, ASL, BISL, MOF, eSCM-SP, eSCM-CL , dll. Kali ini saya akan membahas framework dari manajemen layanan system informasi tentang BISL, ASL, dan ITIL. Ø BISL (Business Information Services Library) Business Information Service Management Library, merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk manajemen informasi. BiSL merupakan standar domain publik sejak tahun 2005, yang diatur oleh ASL BiSL foundation. Framework ini me...

REVIEW JURNAL

AUDIT SISTEM INFORMASI PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK PERSPEKTIF PROSES BISNIS INTERNAL BALANCED SCORE CARD DAN STANDAR COBIT 4.1 (STUDI KASUS : STMIK SINAR NUSANTARA SURAKARTA) Penulis                 : Setiyowati, Sri Harjanto    Tujuan Tujuan diadakan penelitian ini yaitu untuk mengukur keselarasan Teknologi Informasi yang digunakan oleh STMIK Sinar Nusantara Surakarta dengan standard CobiT 4.1 dan perspektif Balanced Scorecard. Metode Metode yang digunakan yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan pengumpulan data dari dokumen- dokumen operasional dan berdasarkan dari hasil wawancara. KESIMPULAN Teknologi informasi yang semakin berkembang membuat penulis melakukan audit terhadap teknologi informasi yang digunakan oleh STMIK Sinar Nusantara. STMIK Sinar Nusantara menggunakan tecknology informasi  tersebut untuk pelayanan dalam operasional kegiatan kampus yang meliputi ...