Sejarah Perkembangan sistem/teknologi Informasi Dan Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Sejarah Perkembangan Sistem / Teknologi Informasi 

a. Sejarah Teknologi Informasi
- Masa Pra-Sejarah(… s/d 3000 SM) 

Pada masa ini manusia berkomunikasi masih sebatas pada pengenalan bentuk-bentuk yang mereka temukan. Manusia menggambarkan informasi yang mereka dapatkan di dinding-dinding gua perihal berburu dan binatang buruannya. Karena kemampuan mereka dalam berbahasa hanya sebatas suara dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan sebagai bentuk awal komunikasi mereka pada periode sampai tahun 3000 SM.


 - Masa Sejarah(3000 SM s/d 1400-an SM) 
  • Tahun 3000 SMYang pertama kali berkomunikasi dengan tulisan adalah bangsa Sumeria. Mereka menggunakan symbol-symbol piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf itu, mempunyai bentuk bunyi yang berbeda, sehingga tulisan-tulisan tersebut menjadi kata, kalimat, dan bahasa yang mempunyai arti.
  • Tahun 2900 SM 
    Pada tahun 2900 SM bangsa mesir kuno telah menggunakan huruf-huruf hieroglif untuk berkomunikasi. Huruf-huruf hieroglif terdiri dari simbol-simbol objek, seperti perkakas, binatang, atau kapal-kapal. Huruf-huruf hieroglif juga menggunakan simbol-simbol ide dan emosi, seperti gerakan, waktu, dan perasaan gembira. Ketika simbol-simbol hieroglif digabung, akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria. Sistem menulis telah digunakan oleh dinasti shang di Cina yang memerintah pada tahun 1766-1050 SM. Sistem menulis merupakan nenek moyang langsung dari sistem menulis modern Cina saat ini, yang menggunakan simbol atau karakter untuk masing-masing kata. 
  • Tahun 500 SM 

    Masa ini ditandai dengan pengenalan pada media informasi yang sebelumnya menggunakan lempengan tanah liat. Pada masa ini manusia sudah mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dari serat pohon. Serat papyrus yang berasal dari pohon papyrus yang tumbuh disekitar sungai nil ini dijadikan media menulis/media informasi pada masa itu. Selanjutnya serat papyrus merupakan cikal bakal kertas.
  • Tahun 105 M

    Pada tahun 105 M, bangsa Cina menemukan kertas. Kertas tersebut terbuat daru serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta, atau yang sekarang kita kenal dengan sistem cap. Pada masa ini, bangsa Hindu di India telah membuat sistem bilangan 9 digit yang sampai saat ini kita gunakan.

Masa Modern (1400 M s.d. Sekarang) 

  • Tahun 1455
    Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dalam bingkai yang terbuat dari kayu. 
  • Tahun 1830 Pada tahun 1830, Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu.
  • Tahun 1837
    Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal.
  • Tahun 1877
    Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan.
  • Tahun 1889
    Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data.
  • Tahun 1931
    Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa.
  • Tahun 1939
    Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. 
  • Tahun 1991 – Sekarang
    Pada 1992, mulai terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah World Wide Web (www) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data sertadatabase (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

b. Perkembangan Komputer 

Komputer Generasi pertama 

Komputer generasi pertama adalah ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Komputer ini menggunakan tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari kaca untuk penguat sinyal. Tetapi hal tersebut masih banyak mempunyai kendala seperti: mudah pecah dan cepat menyalurkan panas. Sejarah perkembangan konputer generasi pertama memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 
1. Terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube). 
2. Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
3. Kapasitas yang disediakan untuk penyimpanan data sangat kecil dan terbatas. 
4. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 
5. Prosesnya relatif lambat. 
6. Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar  
7. Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.


Komputer Generasi kedua 

Komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960-an, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor menggantikan Tabung hampa udara. Transistor mulai digunakan pada komputer sekitar tahun 1956-an. Perkembangan Komputer Generasi kedua ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  2. Kapasitas memori utama sudah lumayan besar 
  3. Sirkutinya adalah transistor. 
  4. Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama 
  5. Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik 
  6. Berorientasi pada bisnis dan teknik 
  7. Proses operasi sudah cepat 

Komputer Generasi ketiga
Komputer generasi ketiga muncul pada era 1965-1971an. Transistor yang dianggap tidak effisien lagi membuat para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada batu kuarsa ( Quartz rock ). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah inovasi yang dapat mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga. 

Komputer Generasi keempat
Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, intel berhasil memasukkan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, jika sebelumnya IC digunakan untuk mengerjakan pekerjaan tertentu saja maka pada masa ini mikroprosesor dapat diproduksi dan di program untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan. Perkembangan Komputer generasi keempat memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer. 
  2. Sudah memakai Large Scale Integration (LSI) 

Komputer Generasi Kelima
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Ciri-ciri dari komputer generasi kelima yaitu :

  1. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam.
  2. Kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.


c. Perangkat Komputer                  Secara umum perangkat komputer tersusun dari dua unsur yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).      
     Perangkat keras (hardware) yaitu, suatu komponen pada komputer yang dapat disentuh secara fisik dan dapat dilihat secara kasat mata. contoh: mouse, keyboard, CPU, monitor, speaker, dan lain-lain.
     Perangkat lunak(software) yaitu, kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, dimana data elektronik yang disimpan berupa program yang dapat digunakan untuk menjalankan program. Software tidak bisa disentuh secara fisik. contoh dari software yaitu : microsoft office, windows, mac OS, linux.

d. Pemanfaatan Sistem/Teknologi Informasi

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari sistem/teknologi informasi dari berbagai bidang :
  • Bidang teknik / rekayasa
    Pemanfaatan sistem/teknolgi informasi pada bidang ini didapat dengan menciptakan aplikasi yang bisa digunakan untuk menggambar, merancang pola bagi arsitek dll. Contoh dari aplikasi ini yaitu, seperti Auto Cad, Corell Draw, 
  • Bidang Ekonomi
    Pemanfaatan teknologi informasi bagi para pelaku ekonomi yaitu melalui e-Commerce, dengan e-Commerce pemilik usaha dapat mempublish usahanya melalui internet. 
  • Bidang Bisnis 
    Teleconference merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Dengan aplikasi tersebut pebisnis dapat terus memantau kegiatan bisnis atau berkomunikasi dengan rekan bisnis meskipun tidak berada di tempat dan bertatap muka. 
  • Bidang Perbankan
    Pemanfaatan sistem/teknologi informasi pada bidang ini dapat dilihat dari kegiatan perbankan. Transaksi Bank sangat banyak terbantu oleh aplikasi teknologi dalam perbankan. Misalnya e-Banking yang memudahkan transaksi bagi para nasabah.
  •  Bidang Pendidikan
    Pemanfaatan sistem/teknologi informasi pada bidang ini dapat dilihat dari proses belajar seperti E-Learning, proses belajar yang bisa dilakukan tanpa tatap muka. 
  • Bidang Pemerintahan
    Pembuatan web atau situs pemerintahan akan memudahkan masyarakat luas mengetahui informasi mengenai pemerintahan. Misalnya kinerja program maupun kebijakan baru yang yang berkaitan dengan instansi pemerintah.
  • Bidang Kesehatan
    Pemanfaatan teknologi informasi pada bidang ini dilihat dari alat alat kesehatab yang semkain canggih. contohnya alat pendeteksi jantung untuk mengecek kondisi jantung dan USG bagi ibu hamil dalam memantau perkembangan janin yang dikandung.

Perkembangan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

a. Pemahaman Komponen Perangkat Keras

1. Input
Input Device atau perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Macam-Macam dari alat input device yaitu : 
  • Keyboard
    Sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
  • Mouse
    Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor. 
  • Joystick Joystick adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer. 
  • Trackball
    Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan. 
  •  Scanner
    Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy.
2. Proses
Perangkat keras proses adalah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses dan mengolah data yang diberikan oleh peralatan input kemudian di keluarkan dalam bentuk informasi ke dalam peralatan output yang akan diterima oleh manusia. Peralatan proses terdiri dari beberapa komponen perangkat keras komputer yang saling berhubungan satu sama lain. Peralatan proses tersebut diantaranya
  • Power Supply
    Power Supply berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC dan mensuplai tegangan ke perangkat keras komputer seperti: motherboard, harddisk, floppy disk dan CD Room.
  • Motherboard
    Motherboard adalah komponen yang sangat penting pada komputer yang berfungsi untuk tempat memasang berbagai perangkat komputer seperti: RAM, prosessor, VGA Card, LAN Card dan perngkat yang lain.
  • CPU atau Prosessor
    CPU atau prosessor adalah otak dari komputer, komponen ini berfungsi sebagai pengendali proses pada komputer. Satuan dari kecepatan prosessor adalah MHz, sehingga semakin besar nilainya maka semakin cepat kecepatan akses prosessor.  
  • Sound Card

    Sound Card berfungsi untuk memproses data berupa suara. Dengan Sound Card kita bisa memasukkan data berupada suara atau mengeluarkan output berupa suara.
3. Kontrol
untuk mengendalikan komputer secara keseluruhan untuk mencinptakan sebuah sinkronisasi kerja antara komponen dalam melakukan tugasnya masing-masing. Contoh : Control Unit. 
4. Penyimpanan
Perangkat keras penyimpanan yaitu perangkat yang digunakan untuk menyimpan data.Yang termasuk alat penyimpanan yaitu : harddisk, floppy disk, CD/DVD, Flashdisk.
5. Output
Perangkat keras output yaitu perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil olahan berupa informasi dari komputer.Yang termasuk perangkat keluaran yaitu : monitor, printer, speaker, dan proyektor. 
  • Monitor, yaitu peralatan yang memungkinkan komputer untuk menampilkan informasi balik ke pemakai/user, dalam bentuk teks maupun grafik. 
  • Printer, digunakan untuk mencetak pada kertas apa yang ditampilkan pada screen atau untuk mencetak data yang dioleh oleh komputer. 
  • Speaker, yaitu alat yang digunakan untuk mengeluarkan suara 
  • Proyektor, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan display dari layar monitor komputer ke suatu layar yang lebih besar baik itu berupa gambar maupun video.

b. Pemahaman Komponen perangkat Lunak

1. Evolusi Perangkat Lunak







  • Era Pioner
    Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan komputer dilakukan secara langsung dan hasil yang selesai di kerjakan komputer berupa print out. Proses yang di lakukan di dalam komputer berupa baris instruksi yang secara berurutan di proses.
  • Era Stabil
    Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi, dari ini perangkat lunak mulai bergeser menjadi sebuah produk. Baris-baris perintah perangkat lunak yang di jalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah seperti banyak proses yang di lakukan secara serempak (multi tasking). Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
  • Era Mikro
    Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan. 
  •  Era Modern
    Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.

2. Klasifikasi Perangkat Lunak 
a. Perangkat Lunak Sistem
  • Bahasa Pemograman
    Perangkat lunak bahasa pemrograman (language software) merupakan program yang digunakan untuk menerjemahkan perintah-perintah yang ditulis dalam bahasa program ke dalam bahasa mesin (machine languange), sehingga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer. Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler, kompiler, dan interpreter.
    - Asembler adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke dalam bahasa mesin.
    - Kompiler adalah program penerjemah yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah yang dapat dijalankan oleh komputer. Proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
    - Intepreter adalah program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut.
    Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
    - Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner.
    - Bahasa Tingkat Rendah,yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic),
    - Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik
    - Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia.
    Beberapa contoh bahsa pemograman yaitu : Bahasa C, PHP, Visual Basic, Pascal, Java , C++  
  • Sistem Operasi
    Perangkat lunak sistem operasi merupakan software yang berfungsi melakukan operasi yang mengurusi tentang segala aktifitas komputer seperti mendukung operasi sistem aplikasi dan mengendalikan semua perangkat komputer agar dapat berjalan selaras dengan fungsinya. Software sistem operasi merupakan suatu software komplek yg mempunyai banyak fungsi. Adapun beberapa funginya yaitu :
    - Fungsi yg pertama adalah untuk mengatur semua perangkat keras komputer yang terhubung dengan CPU.
    - Fungsi yang kedua adalah menerjemahkan segala aktivitas pemakai kepada CPU agar segala yang diperintahkan oleh pemakai dapat dikerjakan oleh CPU.
    - Fungsi yang ketiga adalah mengatur semua proses yg terjadi di dalam CPU.
    Adapun contoh dari system operasi yaitu : Windows, Unix, Linux, Mac OS(Macintosh Operatyng System). 
  • Utility
    Perangkat lunak utilitas merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem.
b. Perangkat Lunak Aplikasi
  • Aplikasi Office
    Apliksi Office adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan perkantoran tanpa melakukan sebuah pengkodean/Coding dengan bahasa pemrograman terlebih dahulu. Contoh aplikasi office yaitu : microsoft word, microsoft excel, openoffice word.
  • Aplikasi Multimedia
    Aplikasi multimedia adalah, aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
  • Aplikasi Internet
    Aplikasi internet yaitu suatu istilah yang digunakan untuk menyebutkan suatu jaringan. Contoh dari aplikasi internet yaitu: email, world web wide, mailing list, gopher.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEAS (Performance measure, Environment, Actuators, Sensors)

DEFINISI AGENT dan KONSEP AGENT PADA AI